4 Manfaat Olahraga Jalan Pagi yang Saya Rasakan Sendiri

Categories Olahraga PagiPosted on
Jalan pagi

Saya akan berbagi manfaat jalan pagi yang bagus sekali untuk fisik, mental, dan sosial. Bukan sekedar teori tapi dari pengalaman pribadi saya sendiri.

Dulu saya freelancer di bidang web design yang sepanjang hari bekerja sambil duduk. Sering saya bekerja begadang sampai jauh malam. Kebiasaan yang buruk, saya tahu, dan bukan hanya itu.

Sambil bekerja saya sering ngemil, merokok, dan minum bergelas-gelas kopi. Sebenarnya sudah cukup lama tubuh saya memberikan alarm berupa berat badan naik, sakit perut, sakit kepala, dan badan terasa kurang segar. Tapi saya mengabaikannya.

Singkat kata di suatu titik saya memutuskan untuk mengubah pola hidup saya. Rokok saya tinggalkan, jarang sekali minum kopi, banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang cukup, tidur lebih awal dan bangun subuh. Saya juga mulai rutin berjalan pagi.

Setelah shalat subuh saya minum segelas air lalu mulai berjalan kaki keliling kampung. Sekitar jam 5 pagi saya mulai berjalan, awalnya hanya sebentar tapi setelah terbiasa saya rutin melakukannya 30-45 menit. Lima kali sepekan jika tidak hujan atau ada halangan.

Saya tidak makan sebelum berolahraga jalan kaki, jadi saya lakukan dengan perut kosong. Memang saya tidak suka sarapan sebelum matahari terbit. Dalam waktu singkat saya merasakan beberapa manfaat jalan pagi.

Menyehatkan Tubuh

Kurang lebih sebulan olahraga jalan kaki ditunjang dengan perubahan gaya hidup, saya merasa lebih segar dan bugar. Sakit kepala dan perut sudah tidak pernah datang. Sepanjang hari pun saya penuh dengan energi dan bersemangat melakukan berbagai aktivitas.

Bersosialisasi dengan Tetangga

Saya bertemu dengan tetangga-tetangga yang ternyata selama ini rutin berjalan-jalan di pagi hari. Ada seorang ibu ditemani anjingnya yang lucu, pasangan muda, seorang bapak yang baru sembuh dari sakitnya. Di hari libur semakin banyak orang yang berjalan kaki atau jogging keliling kampung.

Seorang tetangga tertarik juga olahraga jalan pagi dan selanjutnya kami sering jalan bersama sambil ngobrol.

Membuat Bahagia

Jalan pagi itu menyenangkan sekali. Saya bisa melihat matahari terbit dan merasakan sinarnya yang makin lama makin hangat. Menyaksikan pagi yang temaram perlahan menjadi terang.

Udara pagi enak sekali dihirup, begitu segar. Sambil jalan saya melihat burung-burung beterbangan dan berkicau, sungai kecil mengalir, dan orang-orang yang beraktivitas pagi.

Saya pun menemukan harta karun di kampung sebelah, ada penjual aneka penganan untuk sarapan. Sejak itu saya menjadi langganan, pulang olahraga membawa pulang ketan kelapa, ketan serundeng, dan arem-arem untuk sarapan. Sederhana tapi menggembirakan saya.

Menurunkan Berat Badan

Saya tidak menargetkan dengan jalan pagi berat saya akan turun. Saya hanya ingin hidup sehat, itu yang utama.

Tetapi berat saya ternyata turun lumayan banyak. Berdasarkan ingatan, dalam 4 bulan berat saya turun sekitar 20kg. Lemak berkurang dan otot terutama otot kaki bertambah kuat.

Celana saya jadi pada longgar. Wajah saya terlihat lebih segar dan saya senang sekali dapat bonus langsing. Kamu pengen juga, nggak?

Tips Berolahraga Jalan Pagi

Buat kamu yang termotivasi ingin mulai berolahraga jalan pagi, ini ada beberapa tips:

  • Jalan pagi saja tidak cukup, kamu juga harus mengubah gaya hidup yang buruk. Misalnya kamu selama ini merokok, segeralah berhenti.
  • Jika rute jalan kakimu bersih dan nyaman, kamu boleh tidak memakai alas kaki.
  • Jika rutenya sebaliknya pakailah sandal atau sepatu, untuk menghindari menginjak kotoran dan benda berbahaya seperti paku.
  • Pakailah baju yang nyaman.
  • Mulai secara bertahap sesuai kemampuan.

Penting: Tulisan ini hanya untuk pengetahuan saja. Selalu konsultasikan tentang kesehatan dan masalah kesehatnmu ke Dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *